Cara Mengolah Sampah organik

Hari ini kita akan membahas, Cara Mengolah Sampah Organik yang baik dan benar. Adapun beberapa cara yang direkomendasikan agar selama mengolah sampah tidak sampai mencemari lingkungan.


Pengertian sampah organik

Sampah organik adalah sampah yang dapat dengan mudah diuraikan atau terurai secara alami di alam dengan bantuan mikroorganisme. Cek lebih lanjut.


Cara mengolah sampah organik dengan baik

Mengolah sampah organik sangat diperlukan dengan baik agar tidak berdampak negatif terhadap lingkungan. Kita dapat melakukan beberapa hal untuk mengolah sampah organik dengan baik.

Memilah sampah atau memisahkan sampah organik dan anorganik dapat kita lakukan, dan ini sangat diperlukan dengan tujuan agar sampah organik dapat didaur ulang menjadi pakan ternak ataupun pupuk kompos. Jadi sangat diperlukan untuk memisahkan wadah, sehingga sampah organik mempunyai wadahnya tersendiri agar tidak tercampur dengan sampah anorganik.

Membuat kompos di halaman rumah dari sampah organik merupakan kegiatan mengolah sampah yang baik dengan catatan sampah harus di pisahkan karena untuk mendaur ulang sampah organik tidak boleh tercampur dengan sampah anorganik. Harus di ingat bahwa jangan mencampurkan daging dan susu untuk membuat pupuk kompos.

Gunakan cacing tanah (vermikompos) untuk mengolah sampah organik karena cacing tanah dapat membantu dalam proses penguraian dan menghasilkan pupuk yang kaya akan nutrisi.

Hindari bahan-bahan tertentu selama membuat pupuk kompos, karena dapat menarik hewan pengganggu dan memperlambat proses komposting. Contohnya susu, daging, dan tulang, tidak direkomendasikan untuk membuat pupuk kompos dengan bahan tersebut.

Mengolah sampah organik sendiri tidak cukup, maka dari itu kita harus memberikan edukasi terhadap masyarakat sekitar kita untuk berpartisipasi dalam pengolahan sampah organik.

Ada beberapa produk yang dapat dibuat dari sampah organik : 

1. Pakan Ternak

Bisa cek di sini [Open]


2. Pupuk Kompos

Bisa cek di sini [Open]


3. Eco Enzim

Bisa cek di sini [Open]