Sampah organik, pengertian dan contohnya

Tahukah kamu, sampah organik adalah sampah yang cukup ramah lingkungan. Hari ini kita akan membahas terkait sampah organik, pengertian beserta contohnya. Untuk dampak positif dan negatif serta pemanfaatannya akan dibahas di artikel lainnya.



Pengertian Sampah Organik

Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai dan berasal dari sisa-sisa bahan organik seperti dari tumbuhan maupun hewan. Sampah organik ini diliputi oleh bahan yang mudah terurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Contohnya adalah sisa makanan, daun ranting, kulit buah, sisa sayuran yang tidak terpakai, dan limbah dari bahan organik lainnya.

Ciri Khas

Ciri khas sampah organik adalah sampah organik dapat mengalami proses pembusukan dan proses dekomposisi secara alami. Proses ini melibatkan aktivitas dari mikroorganisme yang membantu menguraikan bahan organik menjadi humus dan kemudian dapat berguna sebagai pupuk alami untuk tanah.

Contoh Sampah Organik

Contoh dari sampah organik seperti yang di sebutkan di awal yaitu sisa makanan, daun ranting, kulit buah, dan sisa sayuran. Contoh dari sisa makanan adalah seperti sisa nasi, tulang ikan, dsb. Daun ranting dapat seperti rotan dan daun kering, kulit buah mungkin dapat berasal dari kita saat mengupas buah, dan sisa sayuran berasal dari sayuran yang tidak bisa dimasak/dimakan yang mungkin karena sudah jelek / tidak layak makan, ataupun karena kita tidak ingin mengonsumsinya karena beberapa alasan.

Contoh dari sampah organik juga dapat berasal dari hewan seperti kotoran hewan, dan sampah organik dapat berasal dari tumbuhan (flora) seperti daun kering. Dapat dimanfaatkan menjadi produk yang berguna, oleh sebab itu kita harus dapat memilah sampah, agar sampah organik dapat kita manfaatkan / daur ulang.

Kesimpulannya

Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai di alam, dan biasanya sampah organik mempunyai ciri khas yaitu dapat mengalami proses pembusukan. Sampah organik termaksud jenis sampah yang ramah lingkungan. Walaupun begitu masih ada kemungkinan risiko atau dampak negatif dari sampah organik, namun ada juga dampak positif dari sampah organik ini.


Cek Lainnya : Dampak Positif & Dampak Negatif sampah organik