Pantau Media Sosial

Kembali lagi dengan sang penulis yang tidak terkenal. Jadi bagaimana cara memantau media sosial anak? Untuk saat ini saya menggunakan beberapa platform saja. Tapi lebih berfokus kepada Instagram.


Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang terkenal. Banyak pengguna yang masih di bawah umur menggunakan platform tersebut. Berikut cara memantau aktivitas media sosial sang anak.

Cara sederhana:
Pastikan orang tua juga mempunyai Instagram, setelah itu silakan cek profil media sosial sang anak. Pemantauan sederhana ini berfungsi untuk memperhatikan konten yang dikirim sang anak. Tidak hanya itu, jika bisa pastikan sang anak mengikuti akun orang tua, dan akun orang tua harus mengikuti sang anak. Tujuannya agar kedua akun tersebut dinyatakan teman (friend). Sehingga orang tua dapat memantau cerita, konten, ataupun unggahan catatan sang anak. 
Cara ini berisiko karena sang anak mungkin dapat melakukan akun privat atau menolak izin akun orang tua ke akun anaknya.

Saya sendiri punya pengalaman yaitu bercerita dengan salah satu guru. Guru tersebut mempunyai anak, tetapi si anak malah melakukan privat atau membatasi orang tuanya melihat akun si anak.

Cara yang tidak biasa:
Cara yang kedua ini adalah dengan cara login/masuk ke akun si anak. Dengan ini, dapat memantau media sosial si anak secara penuh. Walau privasi memang dipertaruhkan. Memang cara ini juga berisiko terkhusus anak yang paham dengan teknologi. Jika paham teknologi, maka dia akan menghapus atau mengeluarkan paksa akunya dari ponsel orang tua.

Cara yang logis tapi berlebihan:
Jangan biarkan dia bermain media sosial, unduh Google Family Link, dan jika ngelawan yah... sita aja skalian tuh HP. [ maaf bahasa Indonesianya tidak baku ].

Bagaimana cara memantau akses penuhnya dan apa saja yang dapat dipantau?
1. Pesan anak kepada pengguna lain
2. Konten yang dia unggah
3. Cerita yang dia buat
4. Komentar yang dia kirim
5. Arsip
6. Konten yang disukai
7. Konten yang disimpan
8. Tanggapan stiker
9. Aktivitas tanda
10. Riwayat akun
11. Orang yang diikuti
12. Orang yang mengikuti
13. Sorotan yang pernah dibuat
14. Konten tertarik
15. Konten tidak tertarik
dan sebagainya

Cara memantaunya dapat dengan membuka pengaturan pada Instagram dan pilih Aktivitas Anda

Media Sosial Lainnya

Ada berbagai macam media sosial lainnya di internet. Seperti
- Tiktok
- Youtube
- Facebook
- Twitter/X
- Reddit
- LinkedIn
- Whatsapp
- Snapchat
- Telegram
- Quora
- Discord
- Messenger
- Line
- Twitch
- dan Sebagainya...

Cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan cara membatasi akses ke beberapa media sosial atau dengan cara memilih beberapa media sosial untuk dimasukkan ke dalam whitelist / daftar putih.

Untuk pemantauan sendiri ada berbagai macam cara untuk setiap media sosial. Cara paling mudahnya adalah dengan cara masuk ke akun milik si anak. Untuk Whatsapp sendiri, mungkin bisa masuk ke WA-Desktop.