Hutan sebagai sumber kehidupan

Tahukah kamu, bahwa sesungguhnya hutan adalah sumber kehidupan kita juga. Oleh sebab itu, kita harus merawat hutan seperti merawat keluarga kita sendiri.


Kita pasti tidak asing lagi dengan kata hutan. Hutan mempunyai ciri khas yang kaya akan flora dan faunanya. Sebelumnya kita harus tahu apa pengertian hutan sebelum membahas hutan sebagai sumber kehidupan.

Pengertian

Hutan merupakan wilayah atau tempat yang sangat luas dan ditumbuhi oleh berbagai macam dan ragam jenis tumbuhan sehingga memiliki daya serap karbon dioksida yang tinggi, dan hutan merujuk pada lahan yang ditutupi oleh pohon-pohon yang tumbuh bersama-sama dan membentuk ekosistem yang khas.

Hutan merupakan habitat bagi berbagai flora dan fauna serta memiliki peran yang penting terhadap kehidupan di bumi. Hutan adalah salah satu aset alam yang tak ternilai harganya, selain memberikan keindahan alam, hutan juga berperan sebagai sumber kehidupan bagi berbagai macam makhluk hidup di planet ini, dan ini termaksud manusia.


Peran hutan terhadap kehidupan

Jadi, sekarang kita akan membahas peran hutan sebagai sumber kehidupan. Hutan sangat berpengaruh sebagai sumber kehidupan di bumi. Tepatnya karena hutan termaksud penghasil oksigen yang besar dibumi, letaknya di Hutan Amazon dan dikenal sebagai paru-paru dunia.

Hutan sebagai ekosistem yang kaya akan flora dan fauna. Dapat dilihat ada berbagai macam kehidupan dihutan. Flora yang dapat ditemukan seperti pohon, rumput, lumut, jamur, semak, tumbuhan buah, dan sebagainya. Fauna yang dapat ditemukan seperti kupu-kupu, ulat, burung, semut, ular, ikan, dan sebagainya.

Hutan berperan terhadap lingkungan, seperti hutan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Pohon-pohon di dalam hutan melakukan proses fotosintesis dan mengubah co2(karbon dioksida) menjadi o2 atau oksigen.

Hutan mempunyai keanekaragaman hayati, sering kali hutan disebut sebagai rumah bagi berbagai macam jenis flora dan fauna. Keanekaragaman hayati ini mencakup berbagai spesies tumbuhan, hewan, serangga, dan mikroorganisme yang saling terkait dalam jaringan rantai makanan.

Hutan berperan juga terhadap SDA/Sumber daya manusia, karena hutan menyediakan sumber daya yang sering dimanfaatkan oleh manusia seperti kayu, dan rotan yang biasanya untuk dibuat produk furnitur dan peralatan rumah tangga. Pemanfaatan juga dapat berupa konsumsi, karena hutan biasanya menghasilkan buah yang dapat di makan.


Kesimpulannya

Kita harus merawat hutan, dengan cara tidak merusaknya. Cara menjaganya adalah tidak membuang sampah dihutan, tidak membakar hutan, melakukan tebang pilih, dan menanam ulang pohon dan tumbuhan yang ditebang.